Latest News

Pola Sehat Untuk Penderita Hipertensi


makanan sehat ~Banyaknya makanan yang tidak sehat memnimbulkan banyak timbul permasalahan kesehatan. Salah satu penyakit yang menjadi perhatian penting adalah tekanan darah tinggi. Untuk penderita hipertensi ini sangat memerlukan perhatian khusus terutama dalam pola makanan sehat.
Bahaya dari Hipertensi
Biasanya hipertensi menyerang orang-orang yang sudah memiliki usia lanjut, tetapi sekarang banyak ditemukan usia 30-an sudah terkena hipertensi. Hal ini membuktikan bahwa kini hipertensi tidak lagi mengenal usia. Hipertensi perlu diwaspadai karena dapat merusak otak dan fungsi kerjanya. Penyakit ini akan merambah pada munculnya penyakit jantung dan stroke, dan penyakit tersebuut jelas sama-sama memiliki resiko besar.
Jenis makanan untuk penderita hipertensi
Makanan sehat untuk penderita hipertensi tidak boleh sembarangan, harus diperhatikan secara ketat. Jenis makanan yang dianjurkan bagi penderita hipertensi adalah :
1. Bayam
Kandungan Folat dalam bayam dapat melindungi tubuh dari homoestin yang membuat bahan kimia berbahaya.
2. Biji bunga matahari
Kandungan magnesiumnya dan juga pitosterol yang dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.
3. Kacang-kacangan
Potasium pada kacang-kacangan dikenal cukup efektif dalam menurunkan tekanan darah tinggi.
4. Pisang
Kalium dan serta tinggi pada pisang sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.
5. Kentang
Kandungan potasium didalamnya sangat baik untuk menstabilkan tekanan darah.
6. Alpukat
Asam oleat pada alpukat membatu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Kandungan lainnya dalam alpukat adalah kalium dan asam folat yang penting untuk jantung.