Latest News

Tips Keuangan Anak Kosan


Hemat Uang ~ Kalau udah ngomongin soal anak kosan, memang udah terkenal dengan yang namanya kesulitan mengatur keuangan. Berapapun uang bulanan yang dikirim oleh orangtua mampu habis seketika apabila tidak dicermati dengan baik-baik. Terkadang kebutuhan pokok pun tidak selalu terpenuhi gara-gara hal yang tidak penting. Lalu bagaimana cara hemat uang agar bisa mencukupi kehidupan selama sebulan? Pastinya anak kosan selalu pusing kalau sudah akhir bulan kan. Nah, ini ada beberapa cara agar kantong gak jebol saat akhir bulan.1. Beli kebutuhan bulanan dalam stock yang tepat
Ada beberapa barang yang memang harus disiapkan oleh anak kosan agar tidak bingung saat habis. Nah, tidak ada salahnya membeli barang itu di awal bulan. Jangan membeli dalam jumlah besar, cukup beli sesuai dengan kebutuhan.
2. Buatlah target pengeluaran mingguan
Dari awal bulan, bagilah uang untuk memenuhi kebutuhan selama 4 minggu. Uang tersebut untuk biaya makan ataupun transportasi sehari-hari. Yakini diri sendiri untuk bisa mencukupi 1 minggu dengan sejumlah uang dan jangan berlebih.
3. Catatan pengeluaran
Sebaiknya memang dibutuhkan catatan pengeluaran untuk membatasi sifat boros kita. Selain bisa hemat uang, kita bisa tahu hal bodoh apa saja yang kita lakukan selama beberapa hari. Pembelian barang yang tidak diperlukan pun harus diwaspadai. Terkadang beberapa orang mengaku khilaf bila melihat sesuatu yang menarik minat mereka.