Latest News

CARA MEMBUAT TUMIS PAKCOY SAUS TIRAM SPESIAL


RESEP TUMIS PAKCOY SAUS TIRAM ENAK. Pakcoy atau Pak Coy, adalah Sawi adalah sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip satu sama lain.

Pakcoy/Pak Choi/Pokcoy atau Brassica Chinensis adalah sebuah sayuran yang masih berkeluarga dengan Brassicaceae. Sayuran Pak Choy ini masih satu golongan dengan sawi dan sering sekali disebut dengan berbagai nama seperti sawi sendok, sawi manis atau sawi daging karena memiliki pangkal sayur yang tebal dan lembut seperti halnya daging. Sayuran ini biasanya digunakan dalam bahan sup atau penghias makanan.

Awalnya, sayuran ini sangat populer di kawasan China namun kemudian menyebar ke berbagai negara salah satunya Indonesia sebagai bahan untuk membuat masakan yang lezat. Saat ini masakan yang berasal dari Sayuran Pak Choy tidak hanya didominasi oleh warga yang berasal dari China namun orang Indonesia dan negara lainnya juga mulai menyukainya mengingat lezat dan bermanfaatnya sayuran ini.

Di Indonesia penyebutan sawi biasanya mengacu pada sawi hijau (Brassica rapa kelompok parachinensis, yang disebut juga sawi bakso, caisim, atau caisin). Selain itu, terdapat pula sawi putih (Brassica rapa kelompok pekinensis, disebut juga petsai) yang biasa dibuat sup atau diolah menjadi asinan. Jenis lain yang kadang-kadang disebut sebagai sawi hijau adalah sesawi sayur (untuk membedakannya dengan caisim). Kailan (Brassica oleracea kelompok alboglabra) adalah sejenis sayuran daun lain yang agak berbeda, karena daunnya lebih tebal dan lebih cocok menjadi bahan campuran mi goreng. Sawi sendok (pakcoy atau bok choy) merupakan jenis sayuran daun kerabat sawi yang mulai dikenal pula dalam dunia boga Indonesia. 

Bahan Campuran sayur tumis pokcoy boleh menggunakan tahu, udang, daging cincang, jamur, bawang putih, saos tiram, saos kepiting, daging, dll. Begitu juga soal rasa sensasi pedas boleh tambahkan potongan cabe rawit atau cabe pedas, maupun pake sambal super pedas hot.

BAHAN :
  • 2 ikat pakcoy, cuci bersih, iris
  • 2 Tahu, potong-potong kotak (boleh tahu kuning atau tahu putih)
  • 1 butir bawang bombay, iris halus
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 3 sdm minyak untuk menumis
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap manis
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 sdm maizena, larutkan dengan 50 cc air
  • 2 gelas air
CARA MEMBUAT TUMIS PAKCOY SAUS TIRAM SPESIAL
CARA MEMASAK TUMIS PAKCOY SAUS TIRAM :
  1. Goreng tahu sebentar lalu tiriskan
  2. Siapkan wajan panas yang sudah dituangi minyak
  3. Tumis bawang putih sampai harum, masukan, bawang bombay sampai agak layu
  4. Tambahkan pakcoy, saus tiram,kecap manis Bango, air,garam, merica
  5. Aduk, ambil 1 sdm ke dalam lautan maizena, tuangkan larutan maizena ke dalam wajan
  6. Aduk lagi hingga mengental dan masak, angkat
  7. Sajikan selagi panas
Gimana Coi...enak ga?